[Review Drama] Reply, Drama Series yang Wajib Banget Kamu Tonton

by - Maret 28, 2020


Judul Lain : Answer Me
Genre : Komedi, Romantis
Sutradara : Shin Won Ho
Negara : Korea Selatan
Jumlah Season : 3

Reply adalah serial televisi anthology yang disutradarai oleh Shin Won Ho. Ada 3 season, yaitu Reply 1997, Reply 1994, dan Reply 1988. Pertama ditayangkan pada tahun 2012 melalui chanel tvN. Bisa dilihat, tahunnya kan berbeda-beda, nah ini lah ciri khas dari serial Reply. Tahun pada judul drama ini adalah latar waktu yang Shin Won Ho ambil, misal Reply 1988 menggunakan latar tahun 1988 juga. Drama ini ketiga-tiganya polanya hampir sama. Alurnya maju mundur. Sama-sama menceritakan tentang persahabatan. Dan di setiap episode selalu ditayangkan cuplikan video ketika mereka sudah dewasa yang membuat penonton menebak-nebak apa yang telah terjadi.

Selain itu, ciri khas lain dari drama ini adalah salalu adanya female lead yang menjadi sorotan dalam cerita. Di setiap season selalu menampilkan kesederhanaan dan keluguan mereka dalam persahabatan dan juga menampilkan kehidupan mereka beberapa tahun setelahnya ketika mereka sudah dewasa. Di sini lah penonton dibuat menebak dengan siapa si female lead ini menikah.

Uniknya, di dalam drama ini Shin Won Ho  selalu mengangkat isu terkini pada tahun tersebut, seperti mengangkat Hype Olympics 1988 yang diselenggarakan di Korea dan Sung Deok Sun (Hyeri), female lead pada Reply 1988, menjadi bagian dari  pembawa bendera pada pembukaan Hype Olympics 1988, Sung Shi Won (Jung Eun Ji) pada Reply 1997 diceritakan sangat mengidolakan boyband H.O.T yang sedang naik daun pada tahun tersebut, penggunaan telegram pada Reply 1995 yang memang pada tahun itu alat komunikasi yang popular adalah telegram, dan Shin Won Ho menambahkan musik-musik Korea maupun Barat tahun 80-an dan 90-an. Dengan begitu sutradara berhasil membuat penonton bernostalgia.

Dari pada kalian bimbang, gundah gulana, langsung saja kita bahas lebih dalam satu demi satu season dari drama Reply ini.
  
Season 1: Reply 1997




Drama pertama dari series ini adalah Reply 1997. Tokoh yang menjadi pusat cerita yaitu Sung Shi Won (Jung Eun Ji), gadis SMA yang sangat mengidolakan boyband H.O.T. Dalam drama ini kita akan dibawa ke masa lalu untuk menelusuri siapakan orang yang menjadi suami Shi Won. Seolah menyuguhkan teka-teki untuk para penonton dalam penelusuran mencari suami Shi Won. Drama ini sangat menarik karena banyak kutipan yang bisa diambil di setiap episode-nya. Buat kalian yang suka drama percintaan, tapi bukan percintaan yang menye-menye, drama ini bisa jadi solusinya.


Season 2 : Reply 1994



Yuk lanjut! Yang kedua adalah Reply 1994 tayang tahun 2013. Tokoh utamanya adalah Sung Na Jung (Go Ara). Drama ini juga mengisahkan tentang persahabatan 7 orang. Mereka ini dipertemukan di satu rumah kost yang sama. Sung Na Jung dan Sseureki adalah anak pemilik kost. Untuk Reply 1994 lebih terfokus pada kehidupan ketujuh sahabat ini dan kisah pemilik kost. Tapi kalian nggak akan bosan karena berbagai tingkah lucu yang disuguhkan. Seperti Reply 1997, drama ini sengaja membuat penonton kebingungan menebak lelaki siapa yang akan menikahi Na Jung. Dan uniknya, kelima sahabatnya yang laki-laki ini tidak pernah ditunjukkan nama aslinya, hanya menggunakan nama panggilan.


Season 3 : Reply 1988



Drama yang ketiga ini tayang pada tahun 2015. Tokoh yang menjadi pusat cerita adalah Sung Deok Sun (Hyeri). Jadi drama ini mengisahkan tentang kehidupan dari sahabat-sahabat Deok Sun, yaitu Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Sung Sun Woo (Go Pyung Pyo), Choi Taek (Park Bo Gum), dan Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi) beserta keluarganya yang hidup di lingkungan yang sama. Udah macam orang gila aku kalau nonton ini. Ketawa-ketawa sendiri. Abisnya lucu banget. Ga pernah bosen walaupun udah nonton berkali-kali.

Jadi mereka itu udah bersahabat sejak kecil. Udah kayak saudara lah. Tapi Deok Sun jadi satu-satunya perempuan di lingkaran persahabatan ini. Jadi penonton nebak-nebak kira-kira siapa pasangan Deok Sun. Daaaan ternyata tebakanku tuh salah total. Bener-bener susah ditebak. Coba deh kalian nonton dulu dan jangan lupa tulis di kolom komentar tebakan kalian betul atau enggak. Tapi ceritanya nggak cuman terfokus ke 5 sahabat ini aja ya. Banyak diselipin sama kisah-kisah dari keluarga mereka yang nggak kalah seru.


Eit, belum selesai. Dari sekian banyak keunikan di drama ini, ada satu lagi. Tau nggak apa? Kalau diperhatiin ya, ketiga drama ini orang tua pemeran utamanya selalu sama. Yaitu Lee Il Hwa dan Sung Dong Il.

Reply 1997

Reply 1994

Reply 1988

Yah, begitu lah review dari aku. Mungkin di antara kalian yang underestimate sama serial ini, entah karena drama lama, jadul, atau apapun, aku kasih tahu ya, ini tuh beda. Lawakan-lawakannya pun selalu berhasil membuat penonton ketawa. Kisah percintaannya juga lebih sederhana, cenderung ke elegan ya menurutku. Buat yang udah pernah nonton, boleh banget bagi pengalamannya di kolom komentar.

Sekian, jangan lupa bahagia ya.

You May Also Like

0 komentar